Pages

Lorem ipsum

slider

SNMPTN 2013 (Seleksi Penerimaan Mahasiswa di PTN Negeri)

Sabtu, 19 Januari 2013

Sebentar lagi rekan-rekan pembaca Kamiko Project yang masih menduduki bangku sekolah menengah atas dan sederajat yakninya yang masih di kelas XII akan memulai persaingan untuk mendapatkan jatah bangku perkuliahan di universitas-universitas yang menjadi favorit rekan-rekan. Namun apa kalian sudah tau bagaimana mekanisme Seleksi penerimaan mahasiswa baru 2013 ?
Simak ulasan berikut ini....


Pada tahun penerimaan 2013 ini, terdapat sistem penerimaan mahasiswa baru dengan 3 jalur penerimaan, yaitu:
1.    Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
2.    Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
3.    Seleksi Penerimaan Mahasiswa melalui jalur seleksi mandiri yang menjadi otoritas Perguruan Tinggi bersangkutan

Namun apa perbedaan di antara ketiganya? SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Namun tahun ini namanya SNMPTN. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran.

Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN,.

Yang ke tiga adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri dimana ujiannya akan diumumkan dan dilakukan setelah hasil SNMPTN dan SBMPTN diumumkan dan menadi otoritas PTN bersangkutan

Sesuai ketentuan, porsi penerimaan siswa melalu jalur SNMPTN 2013 atau yang pada tahun 2012 dikenal dengan SNMPTN Undangan mencapai kuota 50% - 60%. Dan peraturannya pun tidak jauh berbeda dengan sistem SNMPTN Undangan pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun tidak begitu untuk SBMPTN. Hingga saat ini, ketentuan terkait penyelenggaraan SBMPTN 2013 masih sangat minim mengingat teknis SBMPTN ini masih dalam perumusan. Penyelenggaraannya pun dipastikan setelah proses SNMPTN 2013 selesai. Kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur ini kemungkinan berkisar antara 20-40%, sedangkan peserta yang berhak mengikuti jalur ini adalah lulusan dari tahun 2011 hingga siswa yang akan mengikuti UN tahun 2013 ini.

Namun rekan-rekan tidak usah terlalu risau, walaupun SBMPTN ini tidak diselenggarakan langsung oleh pemerintah pusat, namun PTN peserta sekaligus penyelenggara seleksi SBMPTN ini  mencapai 61 PTN yang berarti hampir semua perguruan tinggi negeri dapat menerima mahasiswa baru dari jalur ini.

Kali ini Kamiko Project juga menyediakan kemudahan untuk teman dalam bertanya dan mendiskusikan tentang SNMPTN 2013 bersama kami dan juga kita dapat berdiskusi di Fanspage kami di http://www.facebook.com/KamikoProject

Info tentang Seleksi Penerimaan mahasiswa baru akan kami update setiap waktu secara realtime. Makanya, Stay Tune terus di Kamiko Project





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan sopan dan membangun

Anda punya pertanyaan, request, kritik, dan saran ??
Layangkan ke FanPage kami di http://www.facebook.com/NamudaMedia

Terjemahkan